TerjemahJurnal.com Bagikan Cerita Seputar Publikasi Jurnal Internasional di Universitas Muhammadiyah Jakarta

Tim TerjemahJurnal.com turut ambil bagian sebagai pemateri dalam kegiatan yang bertajuk “Workshop Penulisan Artikel di Jurnal Internasional Bereputasi”, Jumat-Sabtu (31/03-01/04). Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), tersebut mengundang para dosen untuk mendapatkan materi seputar penulisan dan publikasi artikel di jurnal internasional bereputasi. TerjemahJurnal.com diwakili langsung oleh Pendiri dan Direktur Aulia Luqman Aziz SS SPd MPd. Sedangkan pemateri lainnya adalah Dr Adji Ahmad Rinaldo Fernandes MSc, Dosen Program Studi Statistik Universitas Brawijaya, yang berpengalaman sebagai Reviewer di berbagai jurnal internasional.

Aulia Luqman Aziz (kanan) dan Adji Ahmad Rinaldo Fernandes (dua dari kanan) berfoto bersama Rektor UMJ Prof Syaiful Bakhri (berbaju putih) dan Wakil Dekan I FEB UMJ Liza Nora (kiri)

Rektor UMJ Prof Dr Syaiful Bakhri dalam sambutan pembukaan menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran Luqman dan Adji dalam kegiatan tersebut. Menurut Rektor, pihaknya senantiasa mendorong para dosen UMJ untuk melanjutkan studi dan aktif menulis di jurnal internasional. “Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, dosen-dosen khususnya di FEB UMJ lebih aktif dalam menulis dan mempublikasikan artikel di jurnal internasional bereputasi,” ujar Guru Besar bidang Hukum Pidana ini.

Foto Bersama Para Peserta dan Pemateri

Sementara itu, ada empat materi yang disampaikan oleh Luqman, panggilan akrabnya, yakni “Selamat Datang di Jurnal Internasional Bereputasi”, “Menulis untuk Jurnal Internasional”, dan dua tutorial masing-masing “Mencari Jurnal yang Tepat untuk Artikel Anda” dan “Proses Submission ke Jurnal Internasional”. Pada materi pertama dan kedua, para peserta diajak untuk memahami seluk-beluk jurnal internasional bereputasi, di antaranya proses review dan jenis-jenis artikel yang dapat diterima oleh jurnal. Sedangkan pada materi tutorial, para peserta langsung dipandu oleh Luqman untuk mencari jurnal yang tepat untuk artikel masing-masing.

Aulia Luqman Aziz sedang menyampaikan materi

Adapun Adji banyak menyampaikan seputar motivasi menulis, sumber-sumber pendanaan penelitian, penghitungan angka kredit, metode penelitian dan analisa data kuantitatif, hingga etika penulisan (fabrikasi, falsifikasi, dan plagiasi). Selama kegiatan, komunikasi yang terjalin antara pemateri dan peserta sangat dinamis. Tak jarang peserta bertanya langsung di tengah-tengah penyampaian materi pada bagian yang kurang mereka pahami. Luqman dan Adji pun menanggapi semua pertanyaan peserta dengan baik.