Bisakah Artikel Cepat Terbit di Jurnal Internasional (Bag. 2)

Setelah Anda memastikan topik artikel Anda sesuai dengan cakupan topik yang ditetapkan oleh jurnal pilihan Anda, maka naskah Anda akan masuk ke tahap ke-2, yakni tahap REVIEW.

Review dilakukan oleh Reviewers yang ditunjuk oleh Editor (‘bos’nya jurnal). Bisa satu orang, bisa dua orang, bahkan tiga orang. Kerjanya mirip seperti pembimbing skripsi, tesis, atau disertasi kita dulu.

Penulis (batik hijau) sebagai pemateri bersama para peserta workshop jurnal di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar

Tugas Reviewer adalah mengevaluasi kelayakan naskah artikel Anda. Layakkah terbit di jurnal tsb? Bermanfaatkah untuk pembaca jurnal tsb?

Berita baiknya adalah: Reviewers cenderung menghindari penolakan dan lebih mengutamakan ‘revisi’ naskah Anda. Tentu sesuai saran2 membangun dari mereka. Jika Anda dapat memenuhi permintaan Reviewer ini, Anda selangkah makin dekat dengan kata ‘Accepted’.

Berita ‘buruk’nya adalah: Lama waktu Review bisa berlangsung antara 3-6 bulan! Bisa lebih cepat, atau lebih lama dari itu. Semua tergantung:
1. Ketersediaan Reviewer di jurnal tsb yang sesuai dengan topik bahasan naskah Anda;
2. Kesibukan Reviewer itu sendiri. Yang pastinya mereka juga dosen/peneliti. Dengan beban ‘Tri Dharma’ seperti kita di sini. Hehe.

Jadi, untuk menjawab pertanyaan yang menjadi judul tulisan pendek ini, bisakah sebuah artikel terbit cepat di suatu jurnal internasional, dengan memperhatikan dapur jurnal yang saya bagikan pada seri tulisan ini, maka dengan terpaksa saya harus menjawab: Tidak bisa.

Rencanakan waktu publikasi Anda dengan bijak ๐Ÿ˜Š๐Ÿ‘

*Pesan yang sama saya sampaikan dalam one-day workshop yang diselenggarakan oleh Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar, Kota Blitar, Jatim. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Direktur Drs. Pudji Herijanto beserta jajaran kepada saya dan tim untuk berbagi seputar jurnal internasional.