Frequently Asked Questions (FAQ)

T: Apakah Anda bisa membantu publikasi cepat di jurnal internasional terindeks Scopus?

J: Tidak bisa. Prosedur publikasi di jurnal tersebut adalah melalui seleksi dan review yang harus dilalui oleh setiap naskah. Proses tersebut berjalan sangat obyektif, sehingga tidak ada seorangpun yang bisa memengaruhi keputusan akhir Editor. Sehingga kami hanya membantu proses persiapan naskah hingga submission (lihat halaman Layanan Kami).

T: Berapa lama proses seleksi dan review oleh jurnal internasional terindeks Scopus?

J: Proses seleksi berlansung cepat, dalam 1-2 hari sejak naskah dikirimkan. Editor akan memberi keputusan berdasarkan kesesuaian topik naskah dengan bidang keilmian jurnal. Jika sesuai, naskah akan dikirimkan kepada minimal 2 (dua) orang reviewer untuk dilakukan review. Proses ini secepat-cepatnya dapat berlangsung selama 2 bulan, jika tidak ada masalah. Tetapi, masalah akan selalu ada. Sehingga, alokasi waktu tunggu oleh penulis selama 3-6 bulan akan cukup membantu.

T: Apakah ada jurnal internasional terindeks Scopus yang murah?

J: Biaya publikasi setiap jurnal berbeda-beda. Dan biasanya, penerbit jurnal besar (Elsevier, Taylor & Francis, Wiley, dst.) menyediakan setidaknya 2 (dua) opsi publikasi, yakni berbayar (Open Access) dan tidak berbayar (non-Open Access). Kami biasa merekomendasikan penulis untuk masuk melalui jalur tidak berbayar.

T: Apa bedanya Open Access dan non-Open Access?

J: Perbedaan terletak pada akses pembaca. Pada publikasi Open Access, pembaca dapat mengunduh, membaca, dan membagikan artikel Anda secara bebas tanpa beban biaya (karena biaya sudah ditanggung oleh penulis). Sedangkan pada non-Open Access, pembaca hanya dapat melihat judul, abstrak, dan kata kunci artikel Anda. Untuk melihat dokumen artikel secara utuh (full), pembaca harus membeli artikel tersebut dengan harga yang ditetapkan oleh penerbit.

T: Apakah dengan Open Access (berbayar), artikel saya lebih cepat diterima dan diterbitkan?

J: Secara umum, tidak ada kaitan antara membayar biaya Open Access dengan kecepatan proses review dan besaran kemungkinan diterima (Acceptance). Perbedaan hanya terletak pada jenis akses seperti apa yang diperoleh oleh pembaca jurnal tersebut nantinya.

T: Layanan Paket SCOPUS dan Paket SINTA dari Anda mencakup layanan apa saja?

J: Terdiri dari penerjemahan naskah, language editing, pencarian jurnal, layouting naskah, dan submission ke jurnal yang dipilih. Kami membantu menyiapkan naskah sebaik-baiknya sebelum dinilai oleh editor dan tim review jurnal yang dituju.