Tahapan Publikasi Ilmiah – Seleksi Pendahuluan

Sejak 2014 saya telah membantu banyak penulis lintas kampus dalam menerjemahkan, mengedit bahasa, hingga mencarikan jurnal, melayout naskah, dan mensubmit naskah.

Kemudian, sejak 2016 saya juga ikut ambil bagian dalam mengelola jurnal ilmiah. Mulai sebatas mengelola naskah, sampai mengelolanya secara full. Baik jurnal internasional maupun jurnal dalam negeri.

Dari pengalaman yang cukup itu, saya jadi paham bagaimana alur proses kelolaan sebuah naskah dari awal sampai akhir.

Hanya saja, sayangnya banyak penulis di luar sana yang belum memahami. Sehingga muncul pertanyaan2-pertanyaan seperti:

  • Kapan terbitnya?
  • Kok lama nih nunggunya?

Nah, lewat tulisan ini, saya ingin Anda tidak termasuk ke dalam golongan kebanyakan tadi itu. Dan bisa ikut memahami, serta memahamkan kolega-kolega Anda tentang ini.

Jadi begini. Sebuah naskah yang masuk ke meja Editor in Chief (“the big boss” sebuah jurnal), itu akan melalui setidaknya 2 tahapan besar.

TAHAPAN BESAR LOLOS ATAU GUGUR

*Seleksi. Di sub-tahap ini, Editor Big Boss tadi akan melihat sekilas sebuah naskah. Melihat sekilas ya. Bukan membaca utuh. Biasanya yang ia lihat adalah:

  • Judul
  • Abstrak
  • Kata Kunci
  • Kadang2 bagian Introduction-nya saja

Dari situ, Editor akan membuat keputusan taktis untuk: Menolak, atau Melanjutkan ke Proses Review.

Taktis di sini dalam artian waktunya berkisar antara 1 sampai 3 hari setelah submission. Kecepatan ini paling terasa kalau nasib naskah Anda harus “ditolak”. Hari ini submit, eh besok sudah datang surat cinta dari Editor: Maaf, bla bla bla naskah Anda harus kami tolak.

Jadi, jika Anda menerima email dari Editor sehari sampai tiga hari setelah submission, Anda patut untuk waspada. Sedih? Kecewa? Wajar. Tapi janganlah berlarut. Hehe.

Sebaliknya, kalau lamaaaaa tiada email dari Editor, di atas 1 bulan sejak submission, maka harapan untuk diterima semakin membesar. Tapi juga harus waspada. Untuk apa? Untuk TAHAPAN BESAR 2: LOLOS DAN GUGUR 60-40. Yang insya Allah akan saya ulas besok. Agar chat ini tak terlalu panjang.

Simpulannya, untuk lolos tahapan besar 1 ini, Anda perlu menyusun sedemikian rupa bagian JUDUL, ABSTRAK, dan KATA KUNCI Anda sehingga menarik perhatian Editor Big Boss. Dan sesuai dengan “Readership” jurnal yang Anda tuju tsb.

Sekian dulu dari saya. Silahkan jika ada pertanyaan atau diskusi tentang ini. Anda juga bisa bergabung di grup Telegram Scopus Nusantara kami untuk berdiskusi tentang ini.