Beberapa Jurnal Jalur Reguler-Cepat

Beberapa waktu yang lalu saya berbagi kepada bpk ibu tentang tiga jenis jalur publikasi naskah di jurnal ilmiah: CEPAT, REGULER, dan REGULER-CEPAT. Bagi Anda yang belum sempat membaca, atau ingin membaca kembali, silahkan berkunjung ke terjemahjurnal.com/blog.

Anyway, melanjutkan sedikit tentang itu, hari ini saya coba bagikan beberapa jurnal dari kategori jalur REGULER-CEPAT.

Sekilas info, yang dimaksud “Cepat” di sini bukan cepat diterimanya. Atau cepat terbitnya. Tapi lebih kepada “cepat review-nya”. Yakni, berkisar antara kurang dari 1 bulan hingga 3 bulan. “Hah, segitu cepat, mas? Kirain lama.” “Iya pak. Normalnya 3-6 bulan.”

Lalu hasil review-nya? Kembali kepada Editor jurnal tersebut. Editor is the KING. We are his humble servants. Serving him with tons of manuscripts. 😁

Mengapa review bisa cepat? Akan coba saya bahas pada kesempatan berikutnya.

Yang jelas, sebagian jurnal-jurnal ini menerapkan skema publikasi “Open Access”. Dan Anda tahu kan maksudnya (juga bisa Anda baca di website kami tadi). Maksudnya, ada kemungkinan untuk menerbitkan naskah di jurnal ini membutuhkan sejumlah anggaran dana. Meski tidak semua.

Jadi, mohon maaf bila tulisan saya ini belum sesuai ekspektasi bpk ibu. Tapi, tidak ada salahnya mencoba, kan? 😁

Baiklah, to make a long story short, inilah daftarnya.

  1. HELIYON

Jurnal bergenre Multidisipliner terbitan Elsevier. Berbagai bidang keilmuan dapat masuk ke jurnal ini. Hanya saja, mungkin tak cocok untuk syarat (utama) pengajuan Guru Besar. Karena dengar-dengar, untuk GB tak boleh jurnal multidisipliner.

Jika naskah Anda diterima di naskah ini, Anda perlu menganggarkan USD 1,750 (seribu tujuh ratus lima puluh; desimal adalah titik dalam nominal berbahasa Inggris) agar naskah Anda diterbitkan.

 

  1. PLoS ONE

Diterbitkan oleh Public Library of Science di negeri Paman Trump. Hehe. Secara resmi, cakupan keilmuan jurnal ini adalah bidang Medicine. Tapi ilmu sosial pun bisa masuk. Saya coba mencari artikel bidang ilmu sosial, dan ditemukan 30 ribu lebih artikel.

Anggaran dana? Ya. USD 1,675.

 

  1. DATA IN BRIEF

Ini jurnal unik. Sebagian besar artikel berisi suguhan data saja. Baik yang mentah, maupun yang diolah sederhana. Untuk keperluan penelitian lanjutan yang lebih utuh. Jadi jurnal ini bermaksud menjadi batu loncatan untuk artikel lain. Jika Anda punya satu set data hasil data collection atau sampling, bisa Anda terbitkan di sini.

Cakupan bidangnya: Multidisiplin dan Pendidikan. Anggaran biaya? Cukup terjangkau. USD 600.

 

  1. QUALITATIVE REPORT

Nah buat bpk ibu yang sedang praktik penerapan NVivo, atau memang bidang keilmuannya lebih cenderung cocok jika memakai metode kualitatif, ini jurnal yang sesuai. Bidang keilmuan yang bisa ditampung: psikologi sosial, pendidikan, dan kajian/ilmu-ilmu budaya.

Anggaran? Gratis. Jika Anda pilih skema Non Open Access.

 

  1. FRONTIERS IN PSYCHOLOGY

Sesuai namanya, ini jurnal bidang ilmu psikologi. Baik psikologi murni maupun terapannya. Penerbitnya adalah Frontiers. Yang memang sejak awal mengenalkan diri sebagai Open Access Publisher. Sehingga? Semua jurnal di bawahnya mengandung anggaran biaya publikasi. Tetapi, biaya yang dikenakan tidak sama rata. Ada kelompok-kelompok naskahnya. Naskah tipe A, B, C, dan D. Naskah tipe A misalnya naskah penelitian utuh. Paling tinggi biayanya. Mencapai USD 2,950. Tipe C, adalah naskah berisi komentar ilmiah, opini, penyajian data. Biayanya hanya USD 450. Dan yang gratis adalah Tipe D. Naskah macam Review Buku, atau naskah-naskah lain yang sifatnya untuk peneliti pemula.

 

  1. EDUCATION AND URBAN SOCIETY

Cakupan bidang sesuai nama/judul si jurnal. Biaya publikasi? Gratis.

 

  1. JOURNAL OF BALTIC SCIENCE EDUCATION

Biasanya, jurnal yang mengandung nama kawasan tertentu hanya akan menerima naskah yang isinya mengkaji keilmuan tertentu dari kawasan tersebut. Tapi, untuk jurnal bernama “Baltic” (ex-Yugoslavia) ini nampaknya membuka diri untuk kajian dari kawasan dunia lainnya. Jadi kajian Asia atau Indonesia mungkin bisa mereka terima.

Ups, ada anggarannya. Sebesar EURO 450.

 

  1. SAGE OPEN

Ini adalah jurnal milik penerbit SAGE Publications (Inggris) yang sepertinya dimaksudkan untuk menampung naskah dari bidang keilmuan yang luas. Yakni seluruh ilmu sosial dan humaniora.

Anggaran biaya: USD 800.

 

  1. SUSTAINABILITY

Salah satu jurnal bereputasi yang diterbitkan oleh penerbit MDPI dari negara Swiss. Penerbit ini unik, by the way. Nama-nama jurnal yang ia terbitkan tidak bertele-tele. Kita sudah biasa dengan nama jurnal yang diawali dengan kata “International Journal of bla bla bla”. Atau “NUSANTARA Journal of bla bla bla” (ini jurnal yang saya dirikan bpk ibu. Numpang beken. Lekantara.com. 🤭). Nah, nama jurnal di bawah MDPI to the point. Macam “Sustainability” ini. “Agriculture”. “Accoustics”. “Arts”. “Forecasting”. “Social Sciences”. Dan banyak lagi. Anda bisa lihat di website mereka.

Sayang, biayanya terbilang tinggi untuk golongan IIIb seperti saya. Yaitu CHF 1,800 (Franc Swiss).

 

  1. EDUCATION AND INFORMATION TECHNOLOGY.

Terakhir bpk ibu. Yang ini gratis.

Udah gitu aja. Jempol sudah mulai bergetar. Hehe.

Anda bisa menambahkan list ini di grup ini. Ada banyak lagi di luaran sana yang belum terdeteksi. Supaya kita makin banyak pilihan jika ingin memakai jalur REGULER-CEPAT.

Apapun jurnal yang Anda pilih, terjemah dan editing bahasanya tetap di terjemahjurnal.com. *Ngiklan baris. 😁

Selamat berakhir pekan, bpk ibu!