Abstrak Anda Sudah Benar?

Hampir tiap hari kami di tim Terjemahjurnal.com membaca naskah-naskah untuk diterjemahkan, atau disunting bahasanya. Termasuk tentunya bagian Abstrak. Pada beberapa naskah, saya melihat ada Abstrak yang masih belum disusun sesuai kaidah publikasi di jurnal ilmiah.

Lalu bagaimana Abstrak yang baik?

Dalam hal ini, permintaan Abstrak dari penerbit Emerald bisa dijadikan contoh. Selain batas jumlah kata yang berkisar antara 200-300 kata (berbeda dengan ‘Ringkasan’ Disertasi), Emerald meminta ada poin-poin berikut tercantum pada Abstrak naskah Anda.

  1. Purpose. Alias Tujuan. Simpelnya, tujuan Anda menulis naskah ini. Kalau penelitian, apa tujuan penelitian Anda itu? Untuk mengetahui apa? Panjang bagian ini cukup 1 kalimat. Kalaupun meluber, batasilah jadi 2 kalimat saja.
  2. Desain studi/metodologi/pendekatan. Sampaikan 1-2 kalimat metode penelitian, sampel/informan, teknik pengambilan data yang perlu diketahui editor.
  3. Temuan. Sampaikan hasil-hasil penting dari penelitian Anda. Berupa kalimat. Apakah hipotesis Anda didukung, atau tidak didukung? Sampaikan.
  4. Orisinalitas/Nilai manfaat. Sampaikan nilai manfaat dari penelitian Anda ini kepada pembaca. Atau buktikan bahwa penelitian Anda bernilai orisinil dibanding penelitian lain bertema serupa.

Selain 4 di atas, Emerald juga menganjurkan untuk menambah dengan 3 poin berikut. Tapi tidak mewajibkan.

  1. Batasan penelitian
  2. Implikasi praktis, dari hasil penelitian Anda
  3. Implikasi sosial, apakah penelitian Anda berpotensi mengubah suatu susunan kehidupan sosial dalam kelompok masyarakat tertentu.

Memang, tidak semua jurnal meminta secara khusus susunan Abstrak sebagaimana standar Emerald. Tapi tak ada salahnya kita gunakan standar Emerald itu sebagai model. Toh, saya yakin, jurnal-jurnal lain pasti akan senang bila Abstrak Anda tersusun sistematis, dan enak dibaca.

Tapi, kalau Anda belum yakin dengan Abstrak Anda, mungkin Anda bisa berdiskusi dengan kami. Bulan Juli depan, saya bersama Chris St. Pourcain (Anda telah menyimak webinarnya kemarin) akan membuka Workshop Eksklusif tentang menulis naskah yang baik.

Di situ, Anda dapat bertanya langsung dengan kami, selagi kami juga memberi feedback atas tulisan Anda. Semua secara LIVE.

Anda berminat? Tunggu tanggal mainnya di grup Telegram kita ya.